Pengertian Kepramukaan

Kamis, 25 Februari 2010

Boy Scouts, gerakan internasional yang betujuan untuk meningkatkan karakter anak-anak dan remaja dan melatih mereka untuk dapat bertanggungjawab di masa dewasa nanti. Gerakan ini bermula di Inggris di tahun 1907 oleh Sir Robert Baden-Powell, yang program-program dasar gerakannya diilhami oleh dua organisasi remaja yang telah lebih dahulu terbentuk : Sons of Daniel Boone, didirikan oleh Daniel Carter Beard seorang naturalis-illustrator, dan Woodcraft Indian, yang dipelopori oleh Ernest Thompson Seton seorang penulis Inggris kelahiran Kanada.

Kepanduan telah berkembang pesat lebih dri 140 negara di dunia. Organisasi-organisasi kepanduan internasional adalah organisasi yang independen tetapi biasa bertemeu setiap dua tahun sekali dalam Boy Scouts World Conference. Biro Kepanduan Sedunia (The Boy Scouts World Bureau) berada di Jenewa, Switzerland, berfungsi sebagai sekretariat organisasi. Kegiatan pertemuan besar internasional, yang disebut Jambore, dilaksanakan setiap 4 tahun sekali.

Sejak dibentuk oleh Sir Robert Baden-Powell di Inggris, maka berdiri organisasi-organissasi kepanduan di banyak negara, seperti di Amerika Serikat pada tahun 1910. Setiap pandu mengucapkan sumpah pandu, dan berusaha menjadi seorang yang "kuat jasmaninya, kuat mentalnya dan bermoral baik." Gerakan kepanduan tidak bersekte dan tidak mempunyai hubungan khusus dengan dinas militer atau kepentingan politik tertentu.

Organisasi kepanduan adlaah kegiatan yang paling banyak menghabiskan waktunya di alam terbuka. Berkemah adalah merupakan program tetap organisasi, yang terkandung di dalamnya program konservasi alam, kehutanan, pertanian dan aksi sosial dan bhakti pada masyarakat. Sebagai contoh, selama Perang Dunia II (1939-1945), the Boy Scouts berpartisipasi dalam banyak kegiatan sipil. Program-program lainnya antara lain meningkatkan keterampilan dalam pengetahuan tentang hewan dan tumbuhan, berenang, pertolongan pertama, bersemboyan, dan aktiviats lainnya. Motto para pandu adalah "Be Prepared" yang artinya selalu siap sedia untuk menolong dan bertindak.

Jadi Apakah kepramukaan itu ? Menurut Lord Baden-Powell (terjemahan) yaitu : "Kepramukaan itu bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari dengan tekun, bukan pula merupakan kumpulan ajaran-ajaran dan naskah-naskah dari suatu buku. Bukan! Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terubka, tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan bagaikan kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagiaan, keterampilan dan kesediaan untuk memberi pertolongan bagi yang membutuhkannya."

Dari penjelasan Baden-Powell tersebut, kita akan dapat mengambil maknanya, yaitu: Kepramukaan adalah suatu permainan yang mengandung pendidikan. Pendidikan apa? Banyak para pembina yang telah melupakan "hal paling medasar", bahwa faktor pembinaan watak (mental) adalah yang harus dan sangat diperhatikan.

Dengan "Pembangunan Karakter" (Character Building), Gerakan Pramuka dapat memberikan sumbangan positif terhadap negara dengan penyemaian benih-benih calon pemimpin yang patriotis.

0 komentar: